Sejarah Perpustakaan UIN Jakarta

Perpustakaan UIN pada awalnya merupakan peralihan nama dari Perpustakaan IAIN Jakarta, yang didirikan seiring dengan berdirinya IAIN  itu sendiri, yaitu sejak berdirinya ADIA (Akademi Dinas Ilmu Agama) pada tanggal 1 Juni 1957. Pada waktu itu kondisi perpustakaan masih sangat  sederhana, hanya terdiri dari satu ruangan dengan koleksi sebanyak 2000 eksemplar, dan hanya dikelola oleh seorang pegawai. Pada tahun 1960-1964 Perpustakaan IAIN dipimpin oleh Drs. A. Syadali (beliau adalah Rektor IAIN tahun 1984-1993). Dibawah kepemimpinannya perpustakaan sudah mulai dikelola secara lebih sistematis. Pada periode tersebut, koleksi buku diklasifikasi menurut DDC (Dewey Decimal Classification). Di samping itu  sistem peminjaman juga sudah mulai tertib, dan jumlah pegawainya ada 4 orang.

Tahun 1964-1971 Perpustakaan IAIN dikepalai oleh Ny. Nabilah  Lubis, beliau adalah sarjana muda ilmu perpustakaan dari Universitas Cairo, Mesir. Pada masanya Perpustakaan IAIN banyak menerima sumbangan buku dari berbagai lembaga, khususnya kedutaan Mesir dan Saudi Arabia, sehingga pada Januari 1969 jumlah koleksi menjadi 1.320 judul dan 10.999 eks buku, 23 skripsi, dan 310 eks majalah. Prof. DR. Nabilah Lubis saat ini adalah guru besar pada Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta. Selanjutnya, pada tahun 1971-1983 Perpustakaan IAIN dipimpin oleh Ny. Dra. Hj. Halimah Madjid. Di bawah kepemimpinannya perpustakaan ditata lebih teratur dan menempati ruang yang lebih luas (gedung Aula Madya saat ini). Pada masa inilah puncak prestasi perpustakaan berhasil diraih, tepatnya pada tahun 1980 Perpustakaan IAIN Jakarta tercatat sebagai perpustakaan perguruan tinggi terbaik se-DKI Jakarta.

Berikutnya pada tahun 1983-1984, perpustakaan IAIN dipimpin oleh Drs. M. Kailani Eryono, alumni Jurusan Ilmu Perpustakaan dari Universitas Indonesia menggantikan posisi Ny. Hj. Halimah Madjid. Pada masanya Perpustakaan IAIN berkembang dengan cukup pesat. Selanjutnya pada tahun 1984-1998 Drs. Zaenal Arifin Toy, MLIS. alumni jurusan bahasa Inggris dari IAIN Jakarta dan Master di bidang Ilmu Perpustakaan dari University of Illinois, Urbana-Champaign, menjadi kepala Perpustakaan IAIN hingga tahun 1998. Pada masanya perpustakaan sempat pindah ke gedung baru berlantai tiga di Jl. Kertamukti No. 5 Pisangan Ciputat. Saat ini gedung tersebut menjadi Fakultas Psikologi. Dibawah kepemimpinan beliau telah dibentuk Sekretariat Kerja Sama Perpustakaan (SKP) yang anggotanya terdiri dari seluruh perpustakaan IAIN dan STAIN di Indonesia. Selanjutnya SKP ini diubah namanya menjadi Jaringan Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (JPPTI) yang dideklarasikan di Surabaya pada tahun 2003.

Periode berikutnya (1998 hingga 2000) Perpustakaan IAIN dipimpin oleh Drs. M. Djuhro S. Beliau juga seorang sarjana ilmu perpustakaan dari Universitas Indonesia. Pada masa kepemimpinannya perpustakaan kembali pindah ke gedung yang lebih baru yang dibangun di atas tanah eks gedung Sanggar Pravitasari. Dengan demikian lokasi perpustakaan dan kampus menjadi lebih dekat. Sejak tahun 2001 hingga akhir tahun 2006, Perpustakaan Utama UIN Jakarta dikepalai oleh Dr. H. Udjang Tholib, MA. Beliau pernah bekerja di perpustakaan ini pada tahun 1975-1985, dan pada tahun 1984 mengikuti Program Sertifikat Tenaga Asisten Perpustakaan selama 8 bulan di Universitas Indonesia. Berbagai upaya perbaikan telah dilaksanakan, antara lain perbaikan gedung dan perlengkapannya, penerapan sistem otomasi, penerapan sistem kemanan koleksi dengan sensormatic, penambahan jenis layanan seperti warnet, audio visual, dan lain sebaginya. Pada tahun 2007 sampai dengan tahun 2010, Perpustakaan Utama UIN dipimpin oleh Dr. Muhammad Zuhdi, dan pada tahun 2011-2013, Perpustakaan Utama dipimpin oleh Nuryudi, MLIS dan sejak tahun 2013 sampai sekarang (2014) Perpustakaan Utama yang sekarang berubah namanya menjadi Pusat Perpustakaan dikepalai oleh seorang pustakawan yaitu Amrullah Hasbana, S.Ag, SS, MA.

Selain Pusat Perpustakaan, ada beberapa perpustakaan Fakultas yang tersebar dilingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Perpustakaan Fakultas ini merupakan bagian dari sistem pembelajaran di lingkungan fakultas, dan karenanya menjadi basis pembelajaran yang berfungsi sebagai Library and Learning Resources Center (LLRC).  LLRC merupakan bentuk implementasi dari kebijakan universitas dalam rangka menjadikan perpustakaan-perpustakaan fakultas sebagai working library yang dapat memfungsikan dirinya untuk memberikan layanan kepada pemakai lingkungan masing-masing Fakultas sehingga kedekatan koleksi akan lebih dirasakan oleh pengguna disamping kebutuhan akan kedalaman informasi pengguna pada masing-masing Fakultas akan dapat diakses dan diperoleh dengan mudah. Pengembangan Perpustakaan Fakultas ini sekali lagi merupakan kebijakan strategis Rektor IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 1998 tentang konsep IAIN dengan mandat yang lebih luas (IAIN with Winder Mandate), yakni meningkatkan standarisasi fasilitas sarana dan prasarana pendidikan di lingkungan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Program kebijakan Rektor tersebut di antaranya adalah mendirikan serta mengembangkan perpustakaan di masing-masing fakultas. Pendirian perpustakaan fakultas ini kemudian disyahkan dengan SK Rektor IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta No. 040 Tahun 1999 tentang Rencana Induk Pengembangan (RIP) IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 1999/2000 - 2003/2004, yang salah satunya dinyatakan bahwa pengembangan perpustakaan di lingkungan IAIN Jakarta dibagi menjadi 3 jenis, yaitu: Perpustakaan Utama sebagai perpustakaan riset, Perpustakaan Fakultas sebagai perpustakaan kerja, dan Perpustakaan Pasca Sarjana sebagai perpustakaan khusus.

Dalam pengembangannya terdapat beberapa Perpustakaan Fakultas dilingkungan UIN Jakarta yang berperan sebagai ”working library” (perpustakaan kerja), dimana fungsinya adalah memberikan layanan kepada masing-masing sivitas akademika Fakultas. Perpustakaan Fakultas tersebut antara lain adalah :

  • Perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora
  • Perpustakaan Fakultas Ushuluddin
  • Perpustakaan Fakultas Syariah dan Hukum
  • Perpustakaan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
  • Perpustakaan Fakultas Dirasat Islamiyyah
  • Perpustakaan Fakultas Psikologi
  • Perpustakaan Ekonomi dan Bisnis
  • Perpustakaan Fakultas Sains dan Teknologi
  • Perpustakaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
  • Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  • Perpustakaan Sekolah Pasca Sarjana

(sumber : buku pedoman panduan perpustakaan)