Mencegah Plagiarism Dengan Software Turnitin!

PUSAT PERPUSTAKAAN, Perpustakaan UIN Jakarta mengadakan Sosialisasi online journal dan software anti plagiarism (TURNITIN) Kamis (12/10/2017), di ruang pertemuan lantai 7 Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan dibuka oleh Kepala Perpustakaan Amrullah Hasbana, S.Ag, SS., MA. dan diikuti oleh kurang lebih 130 mahasiswa dari beberapa fakultas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bertujuan untuk memberikan update informasi perpanjangan online journal yang dapat digunakan civitas akademika.

Selain itu pula terkait pencegahan plagiarism karya akademik mahasiswa menggunakan TURNITIN, software tersebut sudah bisa digunakan dosen-dosen dengan registrasi di Perpustakaan.

Mahasiswa juga dapat menggunakannya dengan persetujuan dosen untuk kemudian dibuatkan kelas. “Jadi mahasiswa dapat melakukannya sendiri untuk mengecek similarity teks” ujar ririana, sebagai narasumber kegiatan tersebut. Ririana juga mengatakan presentase plagiarism merupakan kebijakan masing-masing universitas, namun pada umumnya 20% sampai dengan 30%. TURNITIN akan melakukan kalkulasi presentase secara otomatis dengan karya ilmiah yang ada di internet.

Kegiatan ini juga diisi dengan pelatihan penelusuran online jurnal yang dilanggan perpustakaan. kegiatan berlangsung dengan tertib dan berjalan dengan baik. antusiasme mahasiswa pada sesi tanya jawab melengkapi kesuksesan acara tersebut.

Daftar Update Jurnal yang dilanggan perpustakaan dapat didownload disini